Selamat datang di Blog Nora'Creativity™; .Com

Rukun Islam dan Deskripsinya

Selasa, 11 September 20120 komentar

Rukun islam adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap orang muslim dan muslimah mukalaf, yaitu orang yang sudah baligh dan berakal sehat.Dan berikut adalah artikel Rukun Islam dan Penjelasanya yang akan saya terangkan secara terperinci.
Rukun Islam :




    Membaca dua kalimat syahadat
    Melaksanakan Sholat Fardhu
    Membayar Zakat
    Melaksanakan Puasa di bulan Romadhon
    Melaksanakan Haji ke baitulloh, jika sudah mampu.

Keterangan :
Membaca dua kalimat syahadat

Membaca dua kalimat syahadat artinya mengucapkan kalimat :

اشهد ان لا اله الا الله واشهد ان محمد ارسول الله
Artinya : "Aku bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan yang wajib disembah kecuali hanya Alloh, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya baginda Nabi Muhammad shollahu 'alaihi wasalam itu adalah utusan Alloh."

Maknanya اشهد ان لا اله الا الله yaitu percaya dengan sepenuh hati dan meyakini, bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan yang benar dan pantas untuk disembah kecuali hanya Alloh.Tuhan yang maha Esa, Tuhan yang tidak dilahirkan dan tidak memiliki anak, Tuhan yang maha kuasa atas segala sesuatu, Tuhan yang maha memberi rizki,Tuhan yang memiliki sifat-sifat kesempurnaan, Tuhan yang tidak satupun memiliki sifat cacat dan bahkan sifat kekurangan, Alloh tidak membutuhkan teman atau tidak butuh ditemani, Maha suci dan maha besar Alloh subhana wa ta'ala atas segala sesuatu.Semua tadi agar para manusia taat terhadap petunjuk yang benar dan berjalan dijalan yang lurus, yaitu agama Islam.


Maknanya اشهد ان محمد ارسول الله yaitu percaya dengan sepenuh hati dan meyakini, bersaksi mengakui bahwa sesungguhnya baginda nabi Muhammad shollahu 'alaihi wasalam adalah utusan Alloh.Baginda nabi Muhammad shollahu 'alaihi wasalam di utus untuk mendidik dan memberi petunjuk untuk seluruh manusia tidak memandang bangsa dan negara.

Seluruh perintah Nabi Muhammad shollahu 'alaihi wasalam itu sudah pasti kebenarannya, tidak ada yang salah walaupun terkadang tidak sesuai dengan akal pikiran manusia.Seperti sabda nabi tentang adanya siksa kubur, adanya nikmat kubur, adanya pertanyaan munkar dan nakir di alam kubur, adanya surga dan neraka, adanya syafa'at petolonganya baginda Nabi di hari kiyamat, dan lain-lain.

Baginda nabi itu lahir di mekah ketika fajarnya hari senin tanggal 12 robi'ul awal tahun gajah atau tanggal 20 april tahun 571 milaadiyyah.Baginda nabi hijrah ke madinah, dan wafatnya juga dimadinah ketika tanggal 11 robi'ul awal tahun 11 hiriyah atau tanggal 8 Juni 632 milaadiyyah.

Ayahanda Baginda nabi bernama Sayyid 'Abdulloh bin 'Abdul Mutholib, Ibunda baginda nabi bernama Siti Amiinah Zuhriyyah.

Baginda Nabi Muhammad shollahu 'alaihi wasalam itu adalah nabi penutup, penutupnya para nabi dan rosul.Kitabnya adalah Al Qur-an, dan Al Qur-an ini yang menjadi pedomannya seluruh umat islam sampai akhir zaman, tidak ada dan tidak akan ada yang bisa merubah isinya.
Kembali ke Rukun Islam
Melaksanakan Sholat Fardhu

Sholat fardhu yaitu sholat yang wajib dilaksanakan oleh setiap islam laki-laki dan islam perempuan.Sholat fardhu sehari semalam itu ada lima, yaitu :

    Sholat Dhuhur, Waktunya yaitu ketika bergesernya matahari dari tengah-tengah sampai bayangan benda sama dengan benda tersebut lebih sedikit.Atau kira-kira jam 12 lebih, sampai jam 3 lebih menurut waktu Istiwak.
    Sholat 'Ashar, waktunya yaitu ketika bayangan benda melebihi ukurannya sedikit sampai terbenamnya matahari.Atau kira-kira jam 3 lebih, sampai kurang lebih jam 6 menurut waktu Istiwak.
    Sholat Mahgrib, waktunya yaitu ketika terbenamnya matahari hingga hilangnya cahaya merah.Atau kira-kira jam 6 sampai kira-kira jam 7 malam, menurut waktu Istiwak.
    Sholat Isya, waktunya yaitu ketika hilangnya cahaya merah (disebelah barat) sampai munculnya fajar shodiq.Atau kira-kira jam 7 malam sampai kira-kira jam 4 pagi, menurut waktu Istiwak.
    Sholat Subuh, waktunya yaitu ketika munculnya fajar shodiq sampai terbitnya matahari.Atau kira-kira jam 4 pagi lebih, sampai jam 6 pagi lebih.

Kembali ke Rukun Islam
Membayar Zakat

Orang Islam yang diberi keluasan rizki oleh Alloh seandainya sudah terpenuhi syarat-syaratnya, maka wajib membayar sebagian dari rizki tadi.Kemudian dibagikan kepada orang-orang yang boleh menerima zakat.Rizki pemberian Alloh yang dimaksud tadi adalah seperti hasil tanaman, atau dari binatang peliharaan, atau dari dagangan, dan lain-lain.

Zakat juga bisa berarti menjadi pertanda rasa syukur bagi orang yang diberi keluasan rizki, yang kemudian diberikan kepada keluarganya, atau sahabatnya yang dalam kekurangan.Zakat juga bisa untuk menolong bagi orang yang membutuhkan.
Kembali ke Rukun Islam
Melaksanakan Puasa di Bulan Romadhon

Setiap orang islam yang mukalaf asal tidak ada udzur (halangan) maka di wajibkan melaksanakan ibadah puasa satu bulan penuh pada bulan Romadhon dengan cara-cara melaksanakan puasa yang sudah ditentukan.

Puasa Romadhon merupakan latihannya orang islam untuk melatih nafsunya, yang akhirnya menjadi manusia yang bisa mengatur dan menata nafsunya.
Kembali ke Rukun Islam
Melaksanakan Haji ke Baitulloh

Ibadah Haji itu ibadah yang dilaksanakan di baitulloh al harom yaitu yang berada di negara Mekah al mukaromah.Kewajiban melaksanakan Ibadah Haji adalah jika seseorang telah mampu biayanya, perjalananya aman dan kondisi kendaraan baik.
Kembali ke Rukun Islam


Demikian Artikel Rukun Islam dan Penjelasanya seperti yang diterangkan pada Kitab Majmu' Ahkamusy Syari'ah (Hal 7-13) مجموع احكام الشريعة , semoga bermanfaat. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : JokoRowoTlogoRejo | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Nora'Creativity™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by ! Bakalan-Tlogorejo-City
Proudly powered by Blogger